Jumat, 29 Juni 2012

Cara Merakit Komputer


Cara Merakit Komputer

1.      Persiapan alat & bahn





·         Baut



·         Komponen PC


Kabel data


Kabel Data











2.      Langkah Kerja

·         Langkah 1
Memasang prosesor  pada slotnya, kemudian pasang haetsing ( pendingin prosesor). Dalam pemasangan prosesor anda harus berhati-hati karena jika salah satu pin bengkok maka prosesor akan rusak.

  
·         Langkah 2
  Pasang Ram pada slotnya . pada ram terdapat patahan-patahan  begitu    juga pada slotnya, jadi pastikan  bahwa ram di pasang dengan benar mengikuti pahatan tadi.

·         Langkah 3

Pasang power supply di casing, usahakan casing di tidurkan / di miringkan supaya mudah dalam  melakukan pemasangan , kemudian baut power supplay tersebut.



·         Langkah 4

Pasang motherboard di casing, usahakan  di bawah motherboard di pasang alas seperti kertas tebal / busa supaya tidak terjadi konslet, kemudian baut motherboard tersebut.


·         Langkah 5

Pasang harddisk  dan DVD/CD rom di casing , jangan lupa pasang kabel data dan kabel power yang ada di belakang power supply, kemudian baut.


·         Langkah 6

Pasang power led / switch, reset, speaker, hdd  led di motherboard , dan untuk lebih jelas susunannya lihat gambar di bawah ini:








·         Langkah 7
Tutup casing kemudian baut




·         Langkah 8

Pasang konektor keyboard , mouse, dan VGA ( monitor) , ke port PS/ 2 dan port VGA yang ada di luar belakang casing. Awas jangan terbalik antara mouse dan keyboard, kalau mouse portnya berwarna  hijau, sedangkan keyboard ungu.



·         Langkah 9

Hubungkan kabel power ke power supply dan ke stop contact / sumber daya, usahakan mengunkan ups / sejenisnya supaya lebih aman dalam pengoperasian computer.

0 komentar:

Posting Komentar